#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

Diary Poberson


4 Januari 2011

-          Kebanyakan wanita baik setelah memiliki pacar dia akan mencintainya sepenuh hati. Tetapi saat dia dikecewakan dia akan menutup hati dan tidak percaya lagi pada laki-laki. Padahal dia wanita baik, tapi kenapa bisa jadi seperti itu ?

-          Wanita yg matanya biru belum tentu cantik, yg kulitnya putih juga belum tentu cantik, yg hidungnya mancung juga belum tentu cantik, juga yg tinggi belum tentu cantik. Tapi kenapa yg kulitnya hitam atau yg hidungnya pesek bisa terlihat cantik ?

-          Perumpamaan ilalang di antara gandum : Saat gandum tumbuh ternyata ilalang juga turut tumbuh disampingnya, lalu pekerja bertanya pada tuannya apakah ilalang itu sebaiknya dicabut. Lalu tuannya menjawab “jangan karena nanti gandumnya bisa ikut tercabut, Biarkan lah keduanya tumbuh bersamaan sampai tiba saat panen kemudian kumpulkan ilalang itu lalau bakar dan bawalah gandum itu ke lumbungKu” Orang yg menebar gandum adalah anak manusia, yang menebar ilalang adalah iblis

5 Januari 2011

-          Saat kita ingin memutuskan hubungan seperti hubungan pacaran kita tidak boleh hanya memikirkan diri kita sendiri, kita juga harus memikirkan orang yg kita putuskan, bagaimana dia setelah putus dan apa dia bisa mengarti alasan kamu memutuskannya.

-          Bila seorang anak hanya dilarang terus oleh orang tua walaupun demi kebaikannya tapi dia tidak mengerti dan yang dia tau hanya dia sedang dikekang. Suatu saat saat dia lepas dari orang tua dia akan hidup bebas tidak teratur hanya untuk senang2. Dan bila dia bertemu dengan orang yg mau mengarahkan dia ke jalan yang lebih baik dia akan berusaha menghindar karena dia merasa takut akan dikekang lagi.

6 Januari 2011

-          Saat seseorang ditanya apa tujuan hidupmu? Dan bila ada yang menjawab “tidak tau”. Maka selama hidupnya berjalan dia hanya mengikuti arus yang membawanya. Tepatnya dia belum sadar wahwa dia memiliki tujuan hidup, karena setiap orang memiliki harapan dan kebaikan dalam dirinya.

-          Sebagai teman yang baik kita membuat teman kita senang saja tidak cukup. Karena hidup senang itu sering jauh dari kebaikan, jadi kita harus tau apa yang baik untuk teman kita karena kita teman yang baik.

-          Saat kita menyatakan kita mau dewasa kita harus belajar agar bisa menghadapi masalah tanpa berharap atau bergantung pada orang lain. Karena kita harus belajar juga memotivasi diri kita sendiri.

-          Lebih baik kita mendalami dan menekuni 1 pekerjaan atau ilmu, daripada melakukan banyak hal tapi tidak ada yang bisa kita kuasai dengan baik.

7 Januari 2011

-          Kita tidak bisa memaksa menyama ratakan karakter semua orang seperti yang kita inginkan, Karena walaupun dengan karakter yang berbeda kita bisa bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama dengan cara yang tentu bisa berbeda.

-          Kita harus belajar vokal di mulai dengan bertanya dan berkomentar di kelas dimana kita belajar, agar kita bisa bicara di luar.

-          Sebagai manusia kita tidak boleh hanya mengedepankan kepentingan kita sendiri karena kita manusia sosial bukan sekedar menusiawi.

-          Memang baik kita merendah bila menganggap manusia tidak bisa melakukan hal besar karena hanya Tuhan lah yang bisa, tapi kita tidak bisa bantah klu kita bisa melakukan hal besar karena kita ciptaan Tuhan.

-          Ternyata memang pikiran kita sangat mudah dipengaruhi dan dilemahkan bila kita sakit terutama bila sakitnya di kepala, Kita kadang jadi mudah marah tapi kita masih bisa mengendalikannya karena kita masih memiliki hati.

9 Januari 2011

-          Wanita sebaiknya menjaga kehormatannya karena itu untuk pria baik, dan pria baik pasti akan menjaga kehormatan wanita. -          Sebaiknya kita jangan hanya memikirkan hal-hal besar, dan juga kita jangan hanya berpikiran sesuatu yang kecil. Tapi pikirkanlah bagaimana sesuatu yang kecil bisa menjadi besar.

-          Doa dan beribadah itu sangat perlu bagi manusia beragama. Karena manusia itu seperti baterai yang harus di isi dengan energi baru yang akan memberi kita semangat untuk menjalani hidup kita lebih baik.

-          Setiap orang pasti memiliki sisi kanak – kanaknya dalam menghadapi suatu masalah. Karena manusia itu selalu memiliki sisi lemah di hatinya. Yang terpenting dia tahu dimana kelemahannya karena dengan itu dia dapat mulai membenahi diri.

-          Banyak hal yang dapat mempersatukan kita termasuk perbedaan. Tapi akan lebih banyak perbedaan bila kita terus mencarinya. Maka jangan cari cara bagaimana agar kita berbeda tapi bagaimana agar kita dapat jadi satu.

-          Tatapan mata adalah hal sederhana tapi sangat jelas memperlihatkan isi hati kita, karena tatapan mata termasuk jendela hati.

-          Perumpamaan jam tangan dan serbuk gergaji : Saat seorang pekerja bekerja jam tangannya terjatuh ke dalam tumpukan serbuk gergaji, dia meminta bantuan teman-temannya untuk mencari terus menerus dalam tumpukan serbuk gergaji itu tapi tetap tidak diketemukan. Perkerja itu pun putus asa, kemudian dia duduk sendiri sedangkan yang lainnya sudah pergi. Dia duduk sendiri dalam keheningan, kemudian dia mendengar suara jam berdetik, dia mencarinya dan kemudian dia dengan mudahnya menemukannya. Dari sini dapat disimpulkan saat kita menghadapi masalah kita butuh waktu hening sejenak untuk berpikir jernih. Dengan begitu kita akan mudah melihat ke dalam diri kita dan mencari penyelesaiannya.

-          Lautan mungkin sangat dalam untuk dapat diselami. Tetapi setidaknya masih memiliki dasar. Beda dengan Hati yang sebenarnya yang paling sulit diselami karena seakan tidak memiliki dasar.

10 Januari 2011

-          Mimpi buruk akan datang bila kita belalu menyimpan banyak kekhawatiran dalam pikiran kita.

-          Ada orang yang jijik saat mendengar kata “cinta adalah segalanya, aku mencintaimu selamanya” menurutku dia bisa begitu sensi dan benci pada cinta karena dia telah mempersempit arti cinta itu. Dan dia pernah cinta tapi mendapat kekecewaan dan tidak dapat menerimanya. Memang betul bukan segalanya tapi itu yang utama selama kita manusia yang masih memilki hati. Kita bisa kok cinta pada orang selamanya selama perasaan kita itu murni. Karena bila tidak murni maka cinta itu semakin lama akan rusak dan kemudian mati, lalu dikatakanlah cinta itu bohong kalau bisa selamanya.

11 Januari 2011

# Hari ini makan molen yang isinya nanas. Mengingatkan sama kue nanas atau nastar buatan aku dan mamaku. Walaupun kue buatan kami itu bentuknya tidak jelas karena dibentuk dengan tangan tapi aku suka rasanya. Sudah lama g buat kue nanas bareng mama dan adik-adik L. Kue nastar yg disini bentuknya kebanyakan bulat dan rasa nanasnya kurang terasa, beda dengan buatan kami bentuknya besar seperti kerang dengan nanas di tengahnya.

↘ Hidup ini bukan hanya sekedar perjalanan melewati pagi sampai dengan malam. Melewati senin sampai dengan minggu. Dan melewati bulan sampai tahun, Tetapi hidup ini adalah arti dari sebuah perjalanan melewati percobaan menuju keselamatan yang kekal (by maya)

-           Yah menurutku belilah menurut kebutuhan. Contoh yang seharusnya memakai BB kan bisnismen yang dituntut mobilelitasnya untuk lebih tinggi. Jadi buat apa beli barang yang hanya sekedar gaya padahal tidak sesuai dengan kebutuhan.

12 Januari 2011

-          Matius 18:3-13 yang aku dapat kita itu harus berhati seperti anak kecil tapi pikiran dan tindakan seperti orang dewasa. Dan celakalah orang yang menyesatkan hati anak kecil itu menuju keburukan.

-          Seorang pendiam itu lebih disegani daripada preman sekalipun karena seorang pendian itu tidak diketahui pikiran dan maksudnya sedangkan preman kita rasa seperti sudah tahu jelas.

-          Trauma atau ketakutan berlebihan pada suatu hal. Sebenarnya ketakutan itu hanya ada dalam pikiran kita klu di dunia nyata yang kita takutkan itu belum tentu benar. Jadi cara menanganinya yaitu dengan menghadapi ketakutan itu daripada lari terus dari ketakutan itu padahal dia sering ada di sekitarmu. Walau sulit tapi inilah hidup penuh perjuangan dan membutuhkan keberanian.

13 Januari 2011

-          Tidak baik jadi orang yang setengah2. Klu jahat jadilah jahat tapi setelah itu harus ada kesadaran dan meninggalkan semua kejahatan itu. Klu baik jadilah betul2 baik dan tetap dijalan lurus jangan belok2 apalagi mundur.

-          Dalam kemajemukan itu yang terindah adalah keharmonisan.

-          Lingkungan kita dapat membuat kita bebas lepas dan dapat membuat kita merasa terbelenggu atau terantai.

-          Calculator benda kecil tapi dapat melakukan hal lebih cepat dari pikiran manusia. Itu karena dia sudah di program atau dibekali data yang mendukung dia untuk melakukan itu. Tapi calkulator itu tidak dapat berkembang sedangkan manusia bisa dan tidak terbatas.

-          Tuhan tahu yang terbaik kita untuk anaknya. cth :seperti anak berumur 5 tahun minta duit Rp 100.000 buat beli sebiji permen. apakah ortunya akan memberi ?

-          Tugas itu berat bila dipusingin sebelum dikerjakan, coba pusing waktu dikerjain, tugas  jangan dijadikan beban anggap saja selingan kuliah.

-          Bila pikiran sedang rumit sebelum tidur, lebih baik merenung dalam keheningan sejenak lalu berdoa dan tidur.

14 Januari 2011

# Hari ini saya mengikuti rapat kegiatan RAKER KARAMBA FPIK UNPAD 2011- 2012 dan dapat motivasi baru dan penjelasan mengenai peluang yang besar dalam bidang akuakultur

-          Dalam suatu proses atau game jika kita keluar rel, kita tidak akan bisa mengikuti alur yg berjalan dan akan tertinggal.

-          Kita harus banyak belajar dalam organisasi karena di sana disajikan lebih banyak kesempatan untuk belajar lebih banyak keterampilan untuk dunia kerja.

-          Hidup itu harus memilih karena banyak tersedia pilihan namun kita tidak bisa meraih semuanya sekaligus.

-          Saat seseorang sudah masuk dalam kehidupan kita kita memiliki tanggung jawab untuk memberi dan membuatnya lebih baik karena kita telah dikaruniai akal budi.

-          Agar kita bisa berkembang dalam dunia kerja kita harus memiliki wawasan yang luas, bahkan yang terlihat tidak perlu dipelajari. Karena banyak kesempatan yang lepas karena kita menerima tawaran sesuatu hal yang baru dan kita tidak siap.

-          Rasa sakit saat dikatakan bodoh dalam masa pembelajaran seperti dalam kuliah tidak seberapa bila kita dikatakan bodoh dalam dunia kerja

# Hari ini diskusi langsung dengan wanita mengenai wanita, sudah membuka sedikit pikiranku. Ternyata tidak serumit yang aku pikirkan.

15 Januari 2011

# Hari ini aku lari pagi keliling UNPAD Jatinangor, setelah hampir 1 semester tidak melakukannya lg. Yang dulu bisa min 3 putaran kini 2 putaran sudah g sanggup.

-          Semakin lama alam semakin rusak dengan polusi dan lain-lain. Setiap hari kita menghirup udara yang penuh racun. Kita sepertinya memang tidak bisa lari dari itu semua. Umur manusia juga semakin lama semakin singkat. Semakin banyak orang yang terkena penyakit pernafasan. Kita tidak bisa berharap pada paru – paru yang kemampuannya terbatas.

-          Makanya kita sebaiknya tidak melihat dari salah atau tidak. Klu dibilang tidak pas atau tdk tepat dengan kita masih bisa di terima. Cocoklah kita bersyukur karena kita masih bisa memperoleh yang terbaik. Jadi klu tidak pas atau tdk tepat jangan dianggap salah, karena itulah jalan benar menuju yg terbaik.

-          Kenapa wanita dikatakan lebih cepat dewasa dari laki-laki ? apakah hanya sekedar pengaruh hormon ? Menurutku itu karena wanita itu sering memakai perasaan dan sering berpikir keras untuk suatu masalah. Beda dengan laki-laki pada umumnya yang sering pakai emosi dan tidak mau tahu atau pusing bila ada masalah. Laki-laki akan cepat dewasa bila dia mulai mengurangi emosinya dan mendahulukan penggunaan pikirannya. ( zaman sekarang otak yang bekerja lebih bukan otot)

-          Salah kah seorang yang pandai menasehati orang namun tidak bisa menasehati diri nya sendiri? Engga sih .. klu memang bisa membawa kebaikan bagi orang lain kenapa tidak? bukan berarti kita tidak berusaha untuk lebih baik kan. Tapi memang musuh terbesar itu ada dalam diri kita sendiri.

-          Egois dan keras kepala adalah benteng batu yg melapisi hati seseorang dan merantai pintu hatinya. Batu bila terus terkena air suatu saat akan lapuk juga.

-          Liberalisme terlihat buruk karena setiap individu berjuang untuk kepentingan masing-masing. Yang berhasil terus mengembangkan usahanya agar lebih berahsil. Sehingga tercipta perbedaan kelas, terlihat buruk karena kelas bawah semakin tertinggal oleh kelas atas.

16 Januari 2011

-          Orang akan mudah di profokasi bila ditanggapi langsung dengan emosi (intelektual rendah). Tapi seorang yang intelektualnya tinggi akan menggunakan pikirannya dan melihat lebih dari yang terlihat.

-          Bila kita dikecewakan oleh orang lain kita memang wajib membalasnya. Tapi diawali dengan memaafkan kemudian jadikan itu pemacu kita untuk menjadi lebih maju.

-          Pribadi yang cemerlang dan bersinar itu tidak harus melakukan hal besar agar terlihat istimewa. Tapi melakukan hal biasa tapi berdampak besar.

-          Pribadi yang kuat bukan berarti tidak pernah lemah atau jatuh. Tapi pribadi yang bisa bangkit dengan usaha sendiri saat jatuh.

-          Pribadi yang mandiri adalah umpama seperti pohon. Batang yang berdiri tanpa didirikan, disiplin tanpa diikat, tumbuh tanpa disiram, saat kekeringan dapat mengambil air dari sekitarnya, saat rusak bisa menyembuhkan diri sendiri.

-          Saat kita ragu sebelum melakukan kejahatan maka yakinlah diri untuk tidak melakukannya. Saat kita ragu sebelum melakukan baik, berarti ada hal jahat yg berbisik yang harus kita yakinkan pada diri kita untuk meninggalkannya.

-          Agar dapat melakukan sesuatu dengan baik kita harus lihat dalam diri kita apa kita sudah memiliki sebongkah niat.

-          Cahaya kebaikan di depan kenapa harus ditutupi banyangan hitam dari belakang. Logikanya bayangan itu ada di belakang kenapa jadi menutupi cahaya di depan.

17 Januari 2011

-          Ada orang yg dikecilkan saat berniat baik menasehati seseorang karena orang itu masih memiliki banyak kekurangan. lihatlah niat baik seseorang dgn hati, jgn dengan mata yg melihat kekurangan

-          Jadi pribadi yang rendah hati saat orang mengevaluasi kita :D agar kita tidak cepat tersinggung di nasihati orang, begitupun dengan yang menasihati harus menasihati dengan hati yang murni bukan karena ada niat negatif di dalam nya (allen)

-           Tindakan baik bisa dengan niat negatif, tapi bila niat baik belum tentu ditanggapi dengan baik. latihlah hatimu agar lebih peka melihat dan lihatlah lebih dari yang terlihat.

-          Kita memiliki tambang yang isinya emas di dalam diri kita yaitu hati. Tapi bila emas itu ternyata tidak murni atau bahkan palsu maka tambang itu akan jadi tidak berguna dan ditutup.

18 Januari 2011

-          Dalam pertarungan lihat lawan, biarkan dia tidak sabar menyerang, dia akan mudah dikendalikan. Tapi gerakan kita akan lebih efisien dan terarah. pertahanan matang dan serangan tajam. waw salah satu yg diterapkan pada perang zaman dahulu

-          Setelah menonon filim ” fly daddy fly” saya melihat : Seorang ayah akan selalu berusaha untuk melindungi dan membuat anaknya merasa terlindungi, keterbatasannya pun akan dibuat melebihi batas demi membuktikannya. Seperti Kasih seorang bapak pada anaknya.

-          Ada seorang raja yg sangat kuat dan cerdas, pasukannya pun terkenal sangat kuat. Kerajaan ini telah menaklukan dan merampok banyak kerajaan di dunia. Tapi kekuatan itu pun menjadi kelemahannya. Semua kerajaan yang di rampok bersatu dan menjadi kuat dan mengalahkan kerajaan yg kuat itu. Sehebat apapun kekuatan dan kecerdasan bila digunakan untuk kejahatan pasti akan jatuh juga.

19 Januari 2011

-          Seorang ibu bertanya kepada anaknya kenapa berkelahi. Anak : saya dipukul deluan bu jadi saya lawan. Ibu : bagus nak.. yang penting  kamu jangan memulai hal yg buruk, tapi kamu harus bisa mengakhirinya.

-          orang gila bila terus teriak dan melawan dikatakan berbahaya dan betul2 gila. Bila orang gila diam terus dikatakan depresi dan terkena tekanan jiwa berat. Bila orang gila bertindak santai dan biasa-biasa saja dikatakan tidak normal sebagai orang gila. Sepertinya hidup ini memang harus gila..hmmm

-          Ada yang mengatakan orang baik itu umurnya pendek ? menurutku ini muncul karena orang baik itu mudah diterima dan disukai orang sehingga waktu yang berlalu terasa singkat. Tapi bila kita bersama dengan orang yang kita tidak sukai terasa sangat lama. -          Semakin tinggi pengetahuan seeorang semakin besar kemungkinan akan muncul keraguan kepercayaan pada Tuhan. Saat hal itu mulai muncul berdoalah agar pengetahuan itu tidak menguasai dan menjatuhkan  kita tapi kita yang menguasai pengetahuan.

20 Januari 2011

-          Sebesar apapun kekuasaan kita dan sebanyak apapun pengikut atau bawahan kita. Saat kita nanti berhadapan dengan Tuhan kita tetap sendiri, tidak ada yg bisa kita berikan  hanya pertanggung jawaban yang bisa kita berikan.

-          Kadang kita harus berhenti sejenak memikirkan orang lain, walau kita orang yg paling peduli dengan orang lain. Hal itu sama seperti istirahat, menyenangkan diri  sejenak.

-          Saat kita membuka mata kita masih sulit melihat apa yang terlihat. Apalagi menutup mata untuk melihat sesuatu yang sulit dilihat.

-          Seseorang bukan kuat karena dia tumbuh di dalam lingkaran Dinding beton, tapi menghadapi hal di luar dinding yang lebih kuat dari beton.

-          Keterbatasan tidak bisa membatasi kita karena masih bisa melihat batas dari keterbatasan itu untuk kita lewati. Justru hal yang tidak terbatas yang bisa membatasi kita.

-          Tidak butuh banyak cahaya untuk melihat dalam kegelapan, karena pupil kita bisa bisa mengatasi keterbatasan itu. Terlalu banyak cahaya justru bisa membuat kita silau sehingga tidak bisa melihat apapun.

Next >>>>

Comments on: "Diary Poberson" (5)

  1. Kalau mau komentar atau bertanya boleh menurut tanggal atau langsung ke kalimatnya juga boleh.

    Terimakasih sudah mau membaca semoga buku harianku ini berguna.
    :)

  2. Rela Telaumbanua said:

    seru…
    kpengen baca semuax tp tba2 ngantuk mnghmpri ku..

  3. hestie setiyoe said:

    pengen belajar banyak dari kamu :(

  4. Yanthi Christin Frederika said:

    your diary’s book so funny when i read it… :D
    i like it.. :) :D
    always keep spirit for your future yah bang… :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 53 other followers

%d bloggers like this: