#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

1. Sebutkan dan jelaskan tiga tahapan utama yang harus Saudara lakukan untuk mengetahui jenis suatu mikroba.

– Inokulasi : pekerjaan memindahkan atau menanamkan  bakteri dari medium yang lama ke medium yang baru dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar dapat tumbuh dan berkembang biak sesuai dengan yang diinginkan.

– inkubasi : suatu  teknik perlakuan bagi mikroorganisme yang telah diinokulasikan pada madia (padat atau cair), kemudian di simpan pada suhu tertentu untuk dapat melihat pertumbuhannya. Bila suhu inkubasi tidak sesuai dengan yang diperlukan, biasanya mikroorganisme tidak dapat tumbuh dengan baik. Media inkubasi digolongkan menjadi 2 jenis :

  1. Pada lemari biasa atau suhu kamar,
  2. Pada incubator yang suhunya dapat di tentukan

Identifikasi : pada tahap ini mulai menentukan jenis organisme berdasarkan morfologi, daya gerak, sifat biokimianya, kebutuhan akan oksigen, reaksi pewarnaan Gram, dan beberapa diantaranya sifat kekebalan.

2. Berdasarkan tujuannya, media kultur dibagi menjadi tujuh jenis.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan media diperkaya.

Media kultur dibagi 7 :

–          Media untuk isolasi

–          Media selektif atau penghambat

–          Media diperkaya

–          Media untuk peremajaan kultur

–          Media untuk menetukan kebutuhan nutrisi spesifik

–          Media untuk karakterisasi bakteri

–          Media difrensial

Media diperkaya : media umum yang ditambahkan zat atau nutrien tertentu untuk tujuan tertentu. Media diperkaya juga bersifat selektif untuk mikroba tertentu. Bakteri yang ditumbuhkan dalam media ini tidak hanya membutuhkan nutrisi sederhana untuk berkembang biak, tetapi membutuhkan komponen kompleks, misalnya Blood Tellurite Agar, Bile Agar, Serum Agar, dll.

3. Sebutkan dan jelaskan empat tahapan pertumbuhan mikroba.  Tahapan mana yang banyak digunakan dalam pengawetan maupun pengolahan hasil perikanan?

4  tahap dalam pertumbuhan mikroba:

-Fase adaptasi

Fase ini terjadi pada awal inokulasi atau pada awal pertumbuhannya. Pada fase ini juga belum dapat melakukan pembelahan sel. Namun sintesa enzim, protein, dan RNA tetap terjadi. Dan saat fase adaptasi terjadi peningkatan metabolik bakteri.

-Fase eksponensial

Setelah fase adaptasi selesai kemudian masuk ke fase eksponensial diamana pertambahan jumlah atau volume microorganisme jelas terlihat. Pertambahan jumlah atau volume itu karena mikroorganisme mengalami pembelahan sel dan waktu generasinya sama.

– Fase stasioner

Pada fase ini pertumbuhan atau pertambahan jumlah organisme tidak meningkat dan juga tidak menurun. Hal itu dikarenakan proses pembelahannya sama dengan jumlah kematian sehingga tidak terjadi perubahan.

– Fase Kematian

Pada fase ini micro organisme sudah tidak dapat membelah atau bertambah banyak dan juga jumlah kematian terus bertambah sampai organisme habis.

Phase pertumbuhan mikroba yang harus direkayasa sehingga dapat memperpanjang masa simpan hasil perikanan adalah dengan cara merekayasa fase eksponensial pada fase pertumbuhan nya karena pada fase ini terjadi pertumbuhan yang sangat cepat. Fase eksponensial (Logaritme Phase), karena fase ini membuat setiap sel dalam populasi membelah menjadi dua sel sehingga dapat menghasilkan metabolit sekunder dalam jumlah besar sehingga dapat menghasilkan metabollit sekunder dalam jumlah besar.

4. Sebutkan dan jelaskan mahluk hidup yang termasuk kedalam golongan mikroba?

  • Bakteri

Bakteri merupakan organisme yang memiliki morfologi bentuk tubuh dasar yang pada umumnya mirip satu sama lain dengan struktur tambahan yang berbeda-beda.

A. Struktur Dasar Bakteri :
1. Dinding Sel
2. Membran Plasma
3. Sitoplasma / Cairan Sel
4. Ribosom
5. Granula – Penyimpanan cadangan makanan

Selain bagian-bagian pokok sel bakteri juga terdapat tambahan seperti :
1. Flagell / alat gerak untuk melakukan pergerakan.
2. Klorosom – Pada bakteri yang melakukan fotosintesis.
3. Vakuola – Gas pada bakteri yang hidup di air.
4. Plus & Fimbria – Rambut halus pada dinding sel.
5. Lapisan Kapsul / Lendir – Lapisan yang melapisi tubuh bakteri.
6. Endospora – Bakteri masa dorman yang mati suri yang dapat bengkit kembali dalam kondisi yang menguntungkan.

  • Jamur

Karakteristik dari Fungi :

–          EUKARIOT

–          Hifa

–          Multiseluler dan uniseluler      

–          Heterotrof

–          Pseudophyta

–          Dinding sel terdiri dari glucans,khitin

–          Dinding tidak mengandung selulosa

–          Tidak dapat bergerak

  • khamir

Khamir merupakan jenis jamur UNISELULER. Istilah khamir umumnya digunakanuntuk bentuk-bentuk yang menyerupai jamur dari kelompok Ascomycetes yang tidakberfilamen tetapi uniseluler berbentuk ovoid atau spheroid. Bentuk khamir dapat sperikalsampai ovoid, kadang dapat membentuk miselium semu. Ukuran juga bervariasi. Strukturyang dapat diamati meliputi dinding sel, sitoplasma, vakuol air, globula lemak dan granula. Kebanyakan khamir melakukan reproduksi secara aseksual melalui pembentukan tunas secara multilateral ataupun polar. Reproduksi secara seksual menghasilkan askospora melalui konjugasi dua sel atau konjugasi dua askospora yang menghasilkan sel anakan kecil. Jumlah spora dalam askus bervariasi tergantung macam khamirnya.

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis.Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

  • protozoa

Protozoa adalah mikroorganisme menyerupai hewan yang merupakan salah satu filumdari Kingdom Protista. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel antara lain membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria.

Ciri-ciri umum :

1.Organisme uniseluler (bersel tunggal)

2.Eukariotik (memiliki membran nukleus)

3.Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)

4.Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri(heterotrof)

5.Hidup bebas, saprofit atau parasit

6.Dapat membentuksi st a untuk bertahan hidup

7.Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagela

  • inert

Belum diketahui apa kegunaannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: