#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

Teknologi dan Gaya Hidup

Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical. Seperti yang kita ketahui teknologi sangat diperlukan dalam mempercepat melakukan suatu kerja. Sebenarnya Teknologi banyak dianggap sebagai sesuatu yang baru, namun bila kita lihat sejarah sebenarnya teknologi itu sudah berumur sangat panjang akibat dari pengaruh moderenisasi.Teknologi kini sudah mengalami perkembangan fungsi namun menjadi tidak jelas masuk fungsi apa. Teknologi dapat pula masuk ke dalam fungsi primer, sekunder dan tersier juga. Saat kita ingin berkomunikasi jarak jauh secara cepat dan efisien (primer), saat seseorang membeli barang teknologi untuk koleksi atau eksistensi (sekunder,tersier).

Fungsi primer suatu barang teknologi yang kita gunakan sehari-hari pada masa kini terlihat semakin pudar oleh eksistensi atau gaya hidup. Bahkan kepemilikan teknologi menjadi sarana pamer kepada orang lain dan pembagian kelas. Orang sudah mulai banyak dihargai melalui kepemilikan barang teknologinya, semakin canggih dan mahal semakin hebat. Bahkan sekarang eksistensi emas dan uang sudah mulai digantikan oleh teknologi canggih. Walaupun kaya tapi bila benda yang dimilikinya model lama malah jadi direndahkan dikatakan ketinggalan zaman. Malahan kalau terlalu banyak emas digantungin di badan bukan jadi gaya malah dibilang norak dan tidak gaya. Sampai-sampai sekarang pencuri juga dari mencuri toko emas atau bank sudah mulai beralih ke toko komputer dan Hp.

Keprihatinan kita melihat itu belum seberapa bila kita melihat orang yang memperoleh atau berusaha memperoleh barang teknologi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kantongnya. Seorang anak SD agar mudah dihubungi orangtuanya diberikan HP blackberry. Memang tujuannya baik tapi tidak efisien, menggunakannya untuk menelpon belum tentu bisa apalagi menggunakan aplikasi di dalamnya. Dan ada seorang pegawai biasa saat gajian yang dipikirkan pertama hp merek terbaru mana yang mau dibeli bukan bagaimana 30 hari ke depan. Kemajuan teknologi yang sebelumnya digunakan untuk mempermudah dan mengefisienkan kerja dalam kehidupan, tapi kini jadi gaya hidup yg rumit dan tidak efisien.

Pengaruh kemajuan teknologi menjadi menciptakan sebuah hukum baru yang menyebar cepat pada semua golongan (dari anak2 sampai orang yg katanya dewasa). Padahal hukum itu tidak tertulis atau diperbincangkan dalam suatu meja lalu di sepakati. Hukum itu muncul begitu saja melalu pencitraannya dan kecanggihannya tanpa sebelumnya orang menyadarinya. Tiba-tiba saja sudah menjadi seperti kebutuhan yang harus diperoleh. Manusia memang tidak dapat lepas dari teknologi kemanapun kita berlari. Tapi jangan jadi membuat teknologi itu mengendalikan dan mempermainkan kita. Kita akan bisa mengendalikan kemajuan teknologi bila kita sudah memiliki kesadaran fungsional. Jadi melihat sesuatu benda atau kemjuan teknologi berdasarkan fungsinya dan dan dibandingkan dengan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: