#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

Cyperaceae

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(Berperingkat): Magnoliophyta
(Berperingkat): Monokotil
(Berperingkat): Commelinids
Order: Poales
Keluarga: Cyperaceae

Nama dan Sejarah
Teki tahunan telah ditampilkan dalam literatur sejak jaman dahulu. Keluarga baik dibatasi dan tidak kontroversial. Secara resmi digambarkan oleh De Jussieu pada tahun 1789, nama ini berasal dari nama genus Cyperus, berasal dari kupeiros Yunani, yang berarti alang. Gabah dan struktur perbungaan, bersama dengan bukti lainnya, membentuk dasar untuk klasifikasi dalam keluarga. Karena gabah yang sangat kecil dan struktur perbungaan sangat kompleks, interpretasi sulit dan masih ada kontroversi atas pengakuan subfamilies, suku dan studi genera.Molecular dalam keluarga masih dalam tahap awal dan belum, belum, menghasilkan apapun sebenarnya solusi untuk masalah tersebut.

Ada kontroversi di tingkat lebih tinggi pula, sehingga kadang-kadang Cyperaceae disertakan dalam Poales Order dan kadang-kadang dalam rangka Cyperales mereka sendiri. Untuk keluarga Afrika selatan, hubungan dekat saja yang telah menunjukkan cukup baik adalah mereka antara Cyperaceae dan Juncaceae (bergegas) dan Poaceae dan Restionaceae (Cape buluh).

Suku teki-tekian atau Cyperaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsaPoalesklad commelinids (eumonocots). Ke dalamnya termasuk tekipapirusfinger millet, dan beberapa tumbuhan dengan nilai ekonomi kurang penting.
Keluarga alang merupakan kelas dari monokotil atau tanaman berbunga monokotil, dan dangkal berhubungan dengan rumput. Keluarga besar, dengan sekitar 5.500 spesies yang dijelaskan dalam waktu sekitar 109 genera (Govaerts et al 2007.,).

Spesies ini didistribusikan Seluruh dunia tetapi sebagian besar dalam kondisi lembab, tempat-tempat beriklim dingin di zona utara dengan ekstensi ke dataran tinggi tropis. Dengan pusat keanekaragaman untuk kelompok yang terjadi di Asia tropis dan tropis Amerika Selatan . Sementara teki tahunan dapat ditemukan tumbuh di segala macam situasi, banyak yang terkait dengan lahan basah , atau dengan tanah yang miskin. Flora Texas meliputi 17 genus dan 296 spesies di Texas (lihat juga Amerika Utara taksa; 27 genus dan 843 spesies).

komunitas ekologi didominasi oleh teki tahunan dikenal sebagai sedgelands.

Distribusi: .

Suku ini adalah kerabat terdekat suku padi-padian (Poaceae) dan memiliki banyak kemiripan. Orang yang kurang terbiasa sering mengacaukan teki dari rumput biasa karena penampilannya yang mirip, seperti daun berbentuk lanset, kebanyakan berwujud terna kecil yang mudah menjadi tumbuhan pengganggu (gulma), serta susunanbunga yang mirip.

Beberapa jenis yang memiliki nilai ekonomi (tidak selalu positif, karena dapat merugikan pula) di antaranya adalah

Anatomi batang. Batang dengan ruas solid dengan ruas spons, atau dengan ruas kosong (luar biasa). Batang muda segitiga pada ayat (umum), atau silinder, atau oval di bagian, atau rata. Tidak ada kambium gabus.Penebalan sekunder tidak ada (dengan ikatan pembuluh senyawa dalam Gahnia).

Batang biasanya 3-siku dan kokoh.

Daun adalah alternatif, biasanya dalam 3 barisan, biasanya dengan basis selubung tertutup dan urat, tali-berbentuk pisau paralel. Epidermis tanpa diferensiasi panjang dan pendek ke dalam sel tubuh yang mengandung silika (biasanya), atau tanpa tubuh silika. Stomata ini; biasanya paracytic. Lamina dorsiventral, atau isobilateral, atau sentris. Para mesofil tidak mengandung sel-sel lendir; tanpa kristal kalsium oksalat ( Atau sangat jarang ), dan raphides tidak ada. Minor daun urat tanpa floem sel transfer(Cyperus, Eriophorum, Eleocharis

Bunga-bunga sangat menit dan biseksual atau berkelamin tunggal. Setiap bunga kecil di ketiak dari bract yg tdk layak dipakai dan ini disusun spiral atau distichously di spikelets. Perianth dapat diwakili oleh sisik atau bulu dalam dua whorls atau mungkin sama sekali kurang. androecium biasanya terdiri dari 3 benang sari berbeda 1, tapi 2 atau jarang 6 mungkin hadir. Ginesium ini terdiri dari senyawa tunggal putik biasanya 2 atau 3 karpel, gaya tunggal biasanya dengan atau 3 lobus 2 atau cabang, dan ovarium unggul dengan locule tunggal berisi bakal biji basal tunggal. Kadang-kadang ovarium ini diselimuti oleh kantung membran yang disebut perigynium sebuah. Buah ini menjadi-siku atau lensa berbentuk achene 3.

Reproduksi jenis, penyerbukan, Tanaman. Hermaprodit atau berumah satu, atau andromonoecious, atau gynomonoecious, atau dioecious, atau androdioecious, atau gynodioecious. nectaries Floral absen (nectaries kurang). Penyerbukan anemophilous (kebanyakan), atau entomophilous (kadang-kadang, terkait dengan bracts putih atau berwarna atau daun atas).

Ekonomi dan nilai budaya

  • Pentingnya Kepala teki tahunan terletak pada mereka membentuk unsur alam utama dari lahan basah dan vegetasi tepi sungai, dimana rimpang mereka padat terjerat berkontribusi untuk mengendalikan erosi dan pemurnian air. Konsekuensi sekali mereka diberantas itu, sayangnya terlalu mudah diamati. Sedangkan pada tema alam, tempat tidur alang padat yang terbentuk di daerah rawa menyediakan makanan dan tempat tinggal untuk burung, hewan dan ekowisata air kehidupan sehingga menarik lainnya. Di padang rumput, burung permainan terestrial (misalnya francolin) pakan hampir secara eksklusif pada subang kecil dari beberapa spesies Cyperus.
  • Banyak spesies yang dimanfaatkan oleh manusia untuk makanan, seperti, kaya protein tepung subang harimau-kacang atau chufa (Cyperus esculentus sativus var.) dan kastanye air Cina (Eleocharis dulcisvarietas). Subang dari mantan juga digunakan untuk membuat minum, dan banyak spesies yang digunakan untuk parfum, sebagai obat, dan mungkin juga untuk tujuan magis.
  • Mereka secara tradisional digunakan untuk misalnya perahu konstruksi dan rumah-bangunan di Danau Titicaca, Peru (Schoenoplectus californicus), daun atap, kertas-keputusan (Cyperus papyrus) dan untuk anyaman barang rumah tangga: berbagai tikar, keranjang,-bir saringan dan peralatan lainnya.
  • Sebuah penggunaan modern untuk teki tahunan di tempat tidur air artifisial dibangun pemurnian, karena rimpang dari beberapa spesies dapat tumbuh anaerobik, setidaknya untuk jangka waktu tertentu. Di Eropa Schoenoplectus lacustris umumnya digunakan untuk tujuan ini.
  • Beberapa spesies digunakan dalam hortikultura untuk penanaman pasisir seperti Cyperus papirus, yang teki tahunan berbagai payung (C. involucratus, C. textilis), spesies yang lebih kecil (misalnya spesiesCareX), sebuah novel adalah penggunaan, tahunan kecil Isolepis cernua (‘s kumis kucing) dijual sebagai groundcover untuk nampan bonsai.
  • Kita juga harus tidak lupa bahwa dua dunia terburuk gulma itu, Cyperus rotundus dan C. esculentus berasal dari keluarga alang. Pada lahan irigasi, membajak menyebar umbi mereka dan subang sedemikian rupa sehingga tanaman tanaman ini benar-benar tercekik, yang memerlukan penggunaan herbisida untuk memberantas gulma ini.
  • Dalam Taman teki tahunan umumnya digunakan sebagai ‘arsitektur’ tanaman, terutama di tempat-tempat lembab atau basah bersama fitur air. Seperti halnya tanaman penting untuk mencoba untuk mereproduksi kondisi di habitat asli mereka. Mereka menarik bila diperbolehkan untuk membentuk massa yang besar, tetapi perlu perhatian dari waktu ke waktu.
  • Tumbuhan Teki Untuk Mengobati Haid Tidak Teratur, Sakit Dada dan Busung

Nama Lokal:
Teki, tekan, motta (Jawa), rukut teki wuta (Maluku), karehawai (Nusa Tenggara), rukut teki wuta, bulili manggasa buai (Sulawesi), xiang lu (Cina)

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis:
Mengandung minyak menguap (0,3-1%) seperti cyperene, patchoulenone, cyperol, cyperene I&II, cyperotundone. Juga mengandung alkaloid, glikosia jantung, dan flavonoid. Bersifat pedas, agak pahit, manis, dan netral. Termasuk meridian hati dan san ciao. Berkhasiat untuk menormalkan siklus haid, melancarkan vital
energi, dan menghilangkan sakit. Juga untuk rasa sakit sewaktu haid dan haid tidak teratur, sakit dada, sakit iga, luka terpukul, memar, gatal-gatal di kulit, bisul, pendarahan, keputihan, edema, muntah, mual, nyeri lambung dan perut.

Penyakit yang dapat diobati:
Sakit dada dan sakit iga, busung atau bengkak, haid tidak teratur dan sakit, bisul.

Pemanfaatan:
1. Sakit dada dan sakit iga

Bahan: 5-10 gr umbi
Cara membuat: bahan dicuci bersih, direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, lalu saring.
Cara menggunakan: diminum

2. Busung atau bengkak
Bahan: 3 rimpang teki
Cara membuat: bahan dicuci bersih, lalu giling halus. Seduh dengan 3/4 cangkir air panas. Setelah agak dingin atau suam-suam kuku, lalu saring. Tambahkan madu dan aduk rata.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

3. Haid tidak teratur dan sakit
Bahan: 6-9 gr umbi
Cara membuat: bahan dicuci bersih, direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, lalu saring.
Cara menggunakan: diminum

4. Bisul
Bahan: tanaman teki segar
Cara membuat: bahan dicuci bersih, lalu giling halus.
Cara menggunakan: tempelkan ramuan di tempat yang sakit

Sumber: Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 3 (Drs. H.Arief Hariana)

Referensi

–         http://www.plantzafrica.com/plantcd/cyperaceae.htm

–         http://id.wikipedia.org/wiki/Cyperaceae

–         http://www.botany.hawaii.edu/faculty/carr/cyper.HTM

–         http://www.klipingku.com/2010/09/tumbuhan-teki-untuk-mengobati-haid-tidak-teratur-sakit-dada-dan-busung/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: