#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

Bila kita tidak bisa melakukan penanganan dan pengolahan dengan baik maka dalam proses produksi kita akan mengalami kerugian atau keuntungan yang kecil lah. Bila saat penangkapan dan budidaya kita memperoleh hasil yang melimpah. Tapi ternyata ikan yang ditangkap cepat busuk dan ikan hasil budidaya saat akan dipanen ternyata mati semua karena upwelling.

 

Ikan adalah bahan makanan yang tergolong paling cepat busuk daripada yang lain seperti daging, telur, buah dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena ikan memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi, bahkan protein pada ikan dapat dikatakan yang paling tinggi dari semua bahan makanan.

Oleh karena itu penanganan hasil perikanan sangat penting dan sudah tentu sejalan dengan jumlah keuntungan yang akan diperoleh para pengolah atau penjual ikan. Misalnya penjual ikan menjual ikan di pasar dan ikan yang dijualnya hanya dapat bertahan maksimal 2 hari setelah itu busuk, sementara selama 2 hari ikan yang terjual hanya setengahnya. Dari sini sudah jelas terlihat penanganan tidak hanya saat penyimpanan, pengemasan, pengangkutan tapi saat penjualan penanganan terhadap ikan tidak boleh lepas.

Free Image Hosting

.

Tapi walaupun terlihat semua penanganan atau pengawetan itu tujuannya adalah agar bisa mendapatkan keuntungan besar tapi kita tidak bisa juga mengesampingkan faktor kesehatan. Seperti ada penjual ikan yang menggunakan pemutih agar ikannya terlihat menarik dan ada yang menggunakan formalin agar ikan dapat bertahan lama. Seperti yang kita tahu ini sudah pasti salah oleh sebab itu penanganan atau pengawetan ikan sangat perlu dipelajari dan dipahami agar tidak menggunakan cara praktis tapi salah seperti itu.

Saat kita membeli ikan sama seperti yang lain harga yang tinggi tidak menjamin kualitas ikan itu bagus dan segar. Bila orang yang sudah paham penanganan ikan sudah tentu pasti bisa membedakan mana ikan yang betul-betul masih segar dan bukan hanya sekedar terlihat segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: