#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

1.Ikan Teri Medan(Halus)

Harga Sekitar : Rp.± 70.000
Ikan teri medan yang gurih dan lezat menjadikan ikan asin ini menjadi ikan asin terfavorit diantara ikan asin lain dan menjadikan ikan ini menjadi ikan asin termahal di Indonesia. Ikan teri Medan terkenal seantero Nusantara karena rasanya yang gurih dan lezat. Jenis ikan teri ini ditandai oleh bentuknya yang kecil dan putih bersih. Para pendatang yang akan mudik biasanya selalu  membawakan oleh-oleh ikan Teri Medan sebagai hadiah untuk sanak family dikampung.

Ternyata dari beberapa jenis ikan teri yang saya ketahui ikan teri nasi atau teri medan dan ikan teri jengki. Ikan teri jengki(Stolephorus insularis) adalah yang termasuk populer. Walaupun ikan teriitu sangat kecil ternyata mempunyai banyak manfaat jika kita benar dalam memasak dan memilihnya. Ikan teri Bisa mencegah osteporosis, Salah satunya yang dianjurkan mengonsumsi ikan teri, sayur-sayuran, dan buah-buahan setiap hari untuk mencegah keropos tulang (osteoporosis) di masa tua. Bahkan ikan teri jengki mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 dalam konsentrasi yang cukup besar.

Komposisi 100 gr / 1 ons ikan teri :
•Protein 33,40%
•Lemak 3,00%
•Fosfor 1,50%
•Besi 0,0036%
•Vitamin B1 0,15 mg %
•Energi 77 kkal
•Kalsium 500 mg – 1200 mg
•Vit A RE 47

2.Ikan Asin Cumi- Cumi


Harga Sekitar :Rp.± 47.500
Ikan Cumi- Cumi adalah ikan yang familyar bagi penduduk indonesia karna ikan yang terasa gurih ini juga mudah didapat, akan terasa lebih enak jika dibuat ikan asin. Dan menjadikan ikan ini menjadi Top 2 Ikan asin. Ikan Asin cumi  – cumi sangat bergizi dan mempunyai protein yang
tinggi. ikan asin cumi – cumi ini diproses dengan cara alami, profesional, higenis. Ikan Asin cumi – cumi sudah terkenal dan merambah ke berbagai daerah di Pulau Jawa,Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera. Ikan asin cumi cumi berbeda dengan ikan asin lainnya mulai dari rasa hingga kandungan gizi.

3.Ikan Teri Biasa (ITB)

Harga Sekitar :Rp.± 32.000
Ikan Teri, rasanya yang enak dan mudah didapat, juga gampang diolah membuat ikan ini berhasil menjadi peringkat ke 3 di nominasi ikan asin. Ikan teri adalah jenis ikan yang mudah rusak alias membusuk. Itu sebabnya perlu cara untuk mempertahankan agar tetap awet tanpa harus menghilangkan kenikmatannya. Salah satu caranya adalah diasinkan. Dewasa ini usaha pengasinan ikan teri sudah semakin berkembang. Seiring dengan banyaknya penggemar dan terbukanya pasar ekspor.

4.Ikan Katamba


Harga Sekitar :Rp.± 30.500
Ikan Ketamba, ikan yang familiar bagi beberapa orang. biasanya ikan ini mudah ditemui di pelelangan ikan (Bagian Ikan Asin). Dagingnya yang lunak juga rasanya yang enak membuat ikan ini menjadi Top 4.
Video:

5.Gurita Asin

Harga Sekitar : Rp.± 20.500
Gurita, hewan yang biasa ditemukan di pinggiran pantai ini ternyata dapat dijadikan ikan asin. Rasanya lumayan jika dibandingkan ikan asin yang lain.

referensi: http://www.whooila.com/2011/04/inilah-5-ikan-asin-paling-mewah-dari.html#ixzz1NVMmxyvf

Comments on: "5 Ikan Asin Berkualitas, Terlaris dan Termahal Dari Indonesia" (3)

  1. terima kasih infonya ya.. sukses sll deh..

  2. kok jambal roti ga masuk

  3. Ikan teri adalah anugerah Tuhan yg luar biasa.. sudah enak, gurih.. bergizi pula..! trimksh informasinya sangat bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: