#Majulah Dunia Perikanan dan Kelautan Indonesia# Pengetahuan yang kita miliki bukan milik dan untuk kita pribadi # Diharapkan Commentnya ya ^-^ #

Nama : Poberson Naibaho
NPM : 230110090074
Kelas : Perikanan B

FPIK UNPAD

KUIS
BIOTEKNOLOGI PERIKANAN
KELAS B

1. Jelaskan pengertian bioteknologi perikanan
2. Sebutkan dan jelaskan alasan penggunaan mikroba sebagai agen bioteknologi
3. Sebutkan salah satu produk perikanan yang memanfaatkan mikroba sebagai agen bioteknologi. Jelaskan peranan mikroba dalam proses produksinya

 

JAWABAN
1. Bioteknologi perikanan adalah penggunaan ilmu biokimia, mikrobiologi dan rekayasa secara terintegrasi untuk mencapai kemampuan aplikasi teknologi (industri) mikroorganisme, sel jaringan dan bagian-bagiannya yang diaplikasikan dalam memproduksi barang dan jasa industri perikanan.

2. Alasan menggunakan mikroba sebagai agen bioteknologi adalah karena mikroba dapat melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh manusia. Seperti sifat dasarnya mudah di modifikasi sesuai yg kita inginkan dan dibutuhkan, mikroba memiliki struktur sel yang dapat berubah – ubah atau mutasi seiring dengan perubahan lingkungannya. Pertambahan jumlah dan pertumbuhan mikroba juga sangat cepat sehingga daya kerjanya juga cepat pada media yang kita inginkan.

3. Peranan mikroba dalam pembuatan tempe
Pada dasarnya pembuatan tempe adalah proses penanaman mikroba jenis jamur Rhizopus sp pada media kedelai, sehingga terjadi proses farmentasi kedelai oleh ragi tersebeut. Hasil farmentasi menyebabkan tekstur kedelai menjadi lebih lunak, terurainya protein yang terkandung dalam kedelai menjadi lebih sederhana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: